Hello, and welcome to my blog!

Pages

Saturday, February 4, 2012

Trip to Bandung

Hai readers :D

Oke, Bandung? Liburan? Iyasih. Tapi lebih tepatnya kemaaah! Woohoo! Uups, jan gan salah sangka dulu. Emang aku beneran kemah #gakonsisten. Yayaya, silahkan simak baik-baik.

Di hari itu tiba-tiba aku dapet sms dari Ranti. Katanya pengurus pramuka yang putri besok wajib kumpul. Disana disebutkan nama aku, ranti, nunung, pila dan yuli. Katanya sih mau pelatihan pramuka gitu di Bandung selama 4 hari. Oke, dalam bayangan aku "pelatihan", "4 hari" dan "bandung" merupakan suatu reaksi yang menghasilkan "liburan yang menyenangkan" dan "menginap di HOTEL". Dan semua kata-kata itu adalah PHP! PHP guys!

Jadi intinya, aku akan ke Bandung. Ya, dalam rangka acara pramuka. Ya, nginep 3 hari sih sebenernya. Bukan, ini bukan pelatihan. Ya, pastinya bukan di hotel. Namanya pramuka pastinya...



Kempiiing ><

Dimulai dari hari senin tanggal 19 desember 2011. Hari itu ada class meeting di sekolah. Nah, hari itu juga harus ngurus segala keperluan buat ya... "pelatihan" di bandung itu. Pengen sih nyeritain class meeting yang luar biasa. Tapi, this is about bandung men!

Ya, surat mandat bla bla bla. Udah diurus. Hari berikutnya, kita menjahit tenda yang bolong .__. Juga mendirikan tenda itu sendiri. Overall, mayan bagus lah. Dan tendanya itu GUEDE. Kalo buat 5 orang bisa guling-guling didalemnnya [lebay]. Ohiya, Nunung ga boleh ikut sama bapaknya, maksudnya ga diizinin. Yaudah, kan nanya rayen ya. Katanya dia mau ikut banget terus ternyata dia boleh deeeh. Ahaha.

Dan hari H! Tanggal 22 desember 2012. Planning berangkat jam 7. So, dateng jam 6 pagi. Ya, berangkat dari rumah jam 6 kurang 15. Malem sebelumnya tanggal 21, aku berribet-ribet ria bareng ibu. Tau kan? Packing. Itu luar biasa rempongnya. Walau cuma 3 hari, bikin supaya semuanya jauh lebih ramping dan ringan. Mulai dari kurangin barang, ganti tas. Hua hua hua ribet syalalalala.

Yaudah tuh ya ceritanya udah otw. EEEH, ke kecamatan dulu jemput pendampingnya (iya, masa ga didampingin). Thank God, pendampingnya cewe (iyalah). Yaudah tuh udah jam 9 akhirnya "beneran" ke bandung. Perjalanan luar biasa lamanya. Dan you know what? Tempatnya itu "awalnya" agak terpencil. Ya, kita nyampe lokasi jam 2 MEN! JAM 2 SIANG! Luar biasa pegel dan, pengen pipis ya.

Dan harus menunggu di balai karena hujan+menunggu keputusan. Nah, awalnya tuh kan camping. Tapinya, cuaca ga mendukung a.k.a hujan. Akhirnya diputuskanlah bahwa akan homestay atau menginap di rumah warga. Terusnya dibagiin tuh rumah warganya. Aku berdua bareng rayen. Yuli sama sepil. Dan ranti sama ka yuli(ini pendampingnya, sekretarisnya dkc).

Yuli sama sepil udah dapet rumah(rumah warga maksudnya). Ibunya baik banget deh. Numpang sholat disitu. Terus pergi deh ke rumah warga lain. Nah, ini tempatnya ka yuli sama ranti. Nama pak.... sobar atau pak obar gitu aku lupa (maaf pak ": ). Kan ibu rumah yupil(yuli sepil) kan ngobrol dulu sama ibu rumah tili(ranti ka yuli). Di rumah ibu yupil udah ada 6 orang(yuli pila, 2 orang dari sumedang, 2 orang dari mana lagi gatau). Akhirnya iyen(iffa rayen) juga stay di rumah tili. Jadi... liyeniti(ka yuli rayen iffa ranti) ahaha.

Terus kan unpacking ya, beres-beres lah. Kan masih pake pdl tuh, tadinya kan ada upacara pembukaan. Harus pake pram lengkap. Tapi males ikut [bandel], akhirnya yeniti(rayen iffa ranti) malah merah susu sapi. Yeay! Terus, yupil dateng ke rumah kita. Ikutan merah susu sapi juga deh. Nah, bapak dan ibu sobar/obar punya 5 anak. Yang sulung, yang kedua (mereka kerja memerah susu sapi), eki(ya umurnya smp lah, tapi dia putus sekolah sedih ya), deki(sd), sama terakhir eneng(sd) dan dia yang paling bungsu. Dia nama aslinya siapa gitu, tapi dia maunya dipanggil eneng.

Okay, first dinner at bandung. Ohya, btw kita ga have lunch pas lagi dijalan. Masak mi goreng pake kompor hook. Ya mayan lah. Malah ibu juga udah masakkin nasi, ikan sama ada kerupuk juga. Peyuuuuk.

Malemnya, ada semacam perkenalan. Sama... kayak TM lah. Bener dah. Dingiiiin banget. Mana disuruh lepas jaket. Katanya kalo pake jaket terus, malemnya ga kerasa kalo lagi pake jaket. Udah tuh, rasanya pengen pelukan(?). Habis itu balik ke rumah ibu.

Then, ga langsung tidur. Ngobrol dulu. Tapi beneran udah ngantuk akhirnya tidur deeh.

The next day, 23 Desember 2012. Okay, started with wake up at half to five. Habis itu sholat subuh, mandi, dan bersiap-siap berkegiatan. Oke, cerita dulu ya soal teknis kegiatannya. Jadi kan per sangga ada 5 orang. Nah ada 5 jadwal. Setiap orang jadwalnya beda-beda. Misalnya orang A, paginya dia penanaman bibit, orang B rehabilitasi bangunan ibadah(masjid). Nah, aku dapetnya orang ke-5. Tapi tukeran sama yuli. Jadi orang ke-2 deh.

Kegiatan pagi adalaaah.... rehabilitasi masjid. Oke, pagi jam 7 kumpul dulu semuanya di balai. Kecuali yang berkegiatan "Pramuka menjadi" a.k.a kayak  jika aku menjadi gitu deh. Yowes, yang rehabilitasi di mesjid kumpul terus jalan ke masjidnya. Ternyata masjidnya deket sama rumah ibu -__- Yaudah. Kenalan deh sama beberapa orang. Tapi sekali tau muka tau nama ga lama langsung lupa ehehe. Pertama ngegulung sajadah, dibawa keluar. Ngelopekin cat lama. Ngecat tembok. Masang genteng(mungkin, soalnya ada yang naik naik gitu ke atas masjidnya). Nyapu ngepel. Ngelap kaca.

Ga, ga itu bukan kegiatan yang kulakukan. Itu yang lain lakukan. Yang aku lakukan? Mau tau? Itu loh kan kalo abis ngecat ada cat yang tumpah 1 atau 2 tetes lah ke lantai. Tugasku? Ngilangin bekas cat yang udah kering itu. Gimana caranya? Pake silet. Terus waktu itu pake silet? Engga, pake pecahan lantai. Rasanya dia udah jadi best friendku. Nemenin sampe tugasnya selesai. :" love ya, ceramic. Terus kan ada yang lainnya yang melakukan hal yang sama. Sambil mengerjakan tugas, kami mengobrol. Ada yang dari... ehm, lupa. Pokoknya mereka berbicara SUNDA! Oke, aku tau aku lagi di Bandung. Aku tau yang ngadain Kwarda a.k.a Jawa Barat. Ngerti sih, tapi dikit-dikit doang. Lanjut. Terus ada yang cowonya tuh. Dan mau tau dia ngapain? GOMBAL MEN! GOMBAL! Aku masih polos.... Dan aku dipanggil teh iffa -___-

Habis itu kan belum jam 12 [(isoma) sampe jam 1 terus kegiatan lagi], yaudah pulang aja ke rumah ibu. Eh, udah ada ranti sama yuli lagi ngaso di rumah ibu. Yaudah ikut aja, ada eneng juga. Akhirnya nyemil deeh :3 udah kumpul semua tuh yupilyeniti. Terus kan curhat katanya anak sma 5 tadi ga ngikutin jadwal yang ditetapin. Tapi ngikutin satu jadwal tapi berlima [curaang]. Nah, mereka ngajakkin kita ke kebun teh. Yaudah, nanti makan dulu baru ke kebun teh.

Akhirnya kita ke kebun teh. Udah ketemu sama yang anak sma 5. Jalan-jalan sampe ke  cipanas, atau mata air panas. Nah, mata airnya tuh kecil, kayak ledeng gitu. Yaudah kita ke sungai kecil aja. Dingiin, seger, pemandangannya indah... foto foto. Ahaha.

Abis itu pulang ke rumah ibu. Habis itu sholat, mandi, makan, istirahat, nunggu jam setengah 8 malem buat nonton film. Nah, nonton film katanya suruh ajak ibu, bapak, sama anak2nya. Yaudah, udah ngajak tuh. Tapinya si eneng udah ngantuk. Jadi yang ikut eki sama deki doang. Kalo yang dari rumah yupil, ada ibu sama akbar(anaknya yang belum tk/sekolah).

Terus nontonnya di balai, kayak layar tancep gitu. Hahaha. Terus nonton apa? Tarik jabrix berapa ya? 2 kalo ga salah. Awalnya not interested. Tapinya makin lama makin asik. Jangan diceritain ya nanti spoiler. (?)

Eeeeh, ternyata di akhir film itu ada kak dede yusup sama anak pramuka. Pokoknya tentang generasi muda gitu deeh. Yeaay! Semuanya tepuk tangan. Agak sedih sih kirain mau nonton 5 elang. Tapi ini masih ada pramukanya kok -__- Mana pas nonton ngantuknya luar biasa.

Abis itu udah dingin banget, udah malem banget. Dan pulang ke rumah ibu dan beristirahat....

Paginya tanggal 24 desember 2011. Rencananya hari ini mau pulng ke bekasi. Gatau sore atau malem. Tapi lebih baik sore. Kalo kemaleman takut macet soalnya kan waktu itu malam natal. Yaudah, ranti udah contact ke pak gatot. Dari bekasi jalan jam 1-an.

Terus kegiatan deeh. Kan ga mau ngikutin jadwal lagi(wkwk). Terus akhirnya kita ngikutin satu kegiatan. Yaituu.... penanaman bibit. Berhubung aku bawa semacam cangkul dalam ukuran mini, yowes!

Akhirnya kita pergi ke situ cisanti. Tetapiiiiii! Di setengah jalan, bahkan mau nyampe... katanya bibitnya abis! OMG! WTH?! Yaudah balik lagi. Terusnya kan ke balai. Katanya yaudah ke situ lagi aja. Nanti dayung! Yeay! Can't wait! Yaudah pas nyampe, apa coba? Bibitnya masih banyaak! Dan satu orang minimal nanem 5 bibit! Yaudah bawa tuh bibitnya. Dan tanem disekitar situ. Habis itu kita ga jadi dayung soalnya dayungnya udah antri sama orang lain yang buanyak. Akhirnya kita ngelilingi situ yang luar biasa gedenya itu.

Sampe siang terus balik ke rumah. Makan, sholat, istirahat. Abis itu... ngapain ya lupa. OOOH! Karena takut macet, jam 2 katanya upacara penutupan. Pastinya pake pram lengkap. Ya, ganti baju terus cao deh ke balai. Dapet bet sama slayer. Dan pas banget abis upacara, hujan. deras. sekali.

Pas ujannya udah mulai reda kita balik ke rumah ibu. Ohiya, kita juga mau beli susu. Aku beli 1 liter (2  botol aqu*) rayen juga, ka yuli beli 3 liter. Okay... Tapi pake tempat sendiri. Tadinya bingung soalnya ga ada  botol aqu*. Eh, ternyata masih ada yang kemaren. Yang 1, 5 liter ada 2. Eeeh, diambil ka yuli. Jadi pake botol aqu* yang 600 ml aja. Murah kok satu liter 3,500 (kalo ga salah). Murni lagi. ;9

Habis itu nungguin pa... siapa gitu namanya pokoknya supir bonlap. Sholat magrib, abis itu nyampe deh. Yaudah jemput dibalai habis itu ke rumah ngambil barang. Dan pulang.

Dan di tengah jalan malah makan serabi. Dan aku ngantuk banget jadi tidur terus. untungnya aku sama ranti cuma berdua di belakang. Yuli pila rayen di tengah. Ka yuli sama supir di depan.

Nyampe bonlap tengah malem. Naro barang (tenda, toya, tambang, dll) di atas dulu. Baru deh pulang. Hehe. Sampe rumah disuguhi ibu dengan teh dan roti bakar ;9 So good to be home. Tapi, jadi pengen balik ke banduuuung :"

Udahan ya :) See ya on the next post ;)

No comments:

Post a Comment

Slide Show